Program Festival Keraton Nusantara VIII 2012 (festival of Indonesian Royal Houses)

 

Festival budaya dua tahunan, Festival Keraton Nusantara (FKN), akan digelar di Kesultanan Buton Baubau, Sulawesi Tenggara. Rencananya FKN VIII kali ini akan dihadiri sekitar 155 kerajaan, kesultanan, dan lembaga adat Nusantara. Temanya tahun ini adalah “Nusantara Pusaka Dunia” dan memiliki beragam agenda kegiatan sebagai berikut:

Forum Festival Keraton Nusantara

Forum ini merupakan pertemuan pewaris keraton seluruh Nusantara yang akan membahas berbagai hal mengenai Festival Keraton Nusantara. Acara ini akan dilaksanakan pada 1 September 2012 di Baruga Keraton Wolio, Kota Baubau.

Welcome Dinner

Jamuan makan malam dengan tata cara khas adat Baubau ini akan dihadiri oleh seluruh pewaris dan sesepuh keraton, tokoh adat, budayawan, serta para tamu undangan. Pelaksanaannya di Pusat Keraton Kesultanan Buton.

Pembukaan FKN dan Kirab Agung

Akan diselenggarakan pada siang hari tanggal 2 September 2012 di Maedani Betoambari. Dalam pembukaan ini juga akan dilakukan kirab agung, dimana para prajurit dari seluruh Nusantara melakukan parade budaya prajurit keraton sesuai dengan keratonnya masing-masing.

Pameran Benda Pusaka

Pameran ini akan bertempat di Gedung Maedani Betoambari pada tanggal 2-4 September 2012. Tujuannya adalah untuk memamerkan kekayaan dan keragaman nilai budaya masing-masing keraton peserta.

Royal Food Festival

Festival kuliner tradisional keraton ini akan disajikan lengkap, dari suguhan awal hingga suguhan akhir. Seluruh makanannya merupakan makanan yang masih disajikan hingga saat ini di daerah masing-masing.

Kesenian Tari Klasik dan Peragaan Busana Keraton

Tanggal 2-3 September 2012 beragam jenis tari klasik keraton akan dipentaskan di Pantai Kamali. Selain tari-tarian klasik, di pantai tersebut juga akan diperagakan busana adat pengantin keraton.

Dialog Budaya

Merupakan sebuah seminar untuk mendialogkan berbagai macam kearifan lokal. Temanya yakni “Merajut Kearifan Budaya Lokal Bincibinciki Kuli sebagai Perekat Persatuan dan Kesatuan Bangsa”. Seminar ini akan dilaksanakan pada tanggal 4 September 2012 di Baruga Keraton Wolio Buton.

Penutupan Festival

Pada malam penutupan festival tanggal 4 September 2012 akan dibacakan rekomendasi dialog budaya dan musyawarah para sultan/raja. Pembacaan tersebut merupakan pesan-pesan budaya yang perlu diperhatikan oleh pemerintah dalam menjalankan roda pemerintahan di masa yang akan datang. (Rike)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: